RESEP MUFFIN DOUBLE CHOCOLATE

RESEP MUFFIN DOUBLE CHOCOLATE - Hallo sahabat Dapur Nusantara, hari ini kita akan bealajar memasak RESEP MUFFIN DOUBLE CHOCOLATE. Baiklah, sebelum memasak tentunya kita harus mengetahui resep makanan yang akan kita masak. Berikut resep yang akan kita jadikan panduan memasak kita hari ini.

Menu : RESEP MUFFIN DOUBLE CHOCOLATE

lihat juga


RESEP MUFFIN DOUBLE CHOCOLATE



Resep Muffin Double Chocolate

Muffin adalah salah satu makanan yang sangat populer di seluruh dunia. Tetapi, muffin juga salah satu jenis roti-rotian yang relatif mudah untuk dibuat oleh bakers pemula.  Tidak seperti roti-rotian pada umumnya, muffin dapat dibuat tanpa proses pengulenan,tanpa didiamkan, dan tanpa menggunakan ragi.

Bahan-bahan

Bahan Kering:

  1. 4 cangkir Tepung Self-Rasing; yang merupakan campuran dari: 2 sendok makan Baking Powder dan 400gr tepung All-Purpose
  2. 4 sendok makan bubuk kakao
  3. 30gr choco chips (untuk di adonan)
  4. Sedikit tambahan choco chips untuk topping
Sebelum memulai, lebih bagus hasilnya jika bahan-bahan kering disaring terlebih dahulu, supaya tidak ada gumpalan-gumpalan, karena adonan muffin tidak akan diuleni


Bahan Basah:

  1. 3 telur ayam (ukuran besar)
  2. 6 sendok makan gula pasir
  3. 80gr mentega (dilelehkan)
  4. 1/2 sendok teh garam
  5. Susu murni 200ml
  6. Yoghurt 60gr (bisa diganti susu murni kalau tidak suka rasa asam, tapi harus pakai baking powder, tidak boleh pakai baking soda)
  7. 1/2 sendok makan vanilli



Cara Membuat

  1. Aduk bahan-bahan kering agar tercampur dengan rata
  2. Di wadah yang berbeda, kocok telur, gula, mentega dan garam pada mixer kecepatan tinggi selama ~5 menit atau sampai menjadi lebih kaku
  3. Kurangi kecepatan mixer, lalu tambahkan susu, vanilli dan yoghurt. Matikan mixer jika sudah terlihat tercampur dengan baik.
  4. Setelah mixer dimatikan, tambahkan bahan-bahan kering ke adonan. Campur dan aduk dengan sendok besar. Hanya campur aduk sebentar saja, sampai tercampur. Jangan terus terusan diaduk, karena akan membuat muffin terlalu keras.
  5. Masukan adonan pada cetakan (yang sudah diberi mentega terlebih dahulu), lalu taburi bagian atasnya dengan choco chips
  6. Masukan pada Oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Panggang di api sedang selama kurang lebih 18 menit
  7. Sajikan


Demikianlah Artikel RESEP MUFFIN DOUBLE CHOCOLATE

Semoga artikel tentang RESEP MUFFIN DOUBLE CHOCOLATE ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Anda sedang membaca artikel RESEP MUFFIN DOUBLE CHOCOLATE dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepkhasdapurnusantara.blogspot.com/2018/08/resep-muffin-double-chocolate.html. Semoga artikel ini bisa menjadi alternatif variasi menu hidangan keluarga tercinta anda.