RESEP AYAM BUMBU BALI ASLI SPESIAL

RESEP AYAM BUMBU BALI ASLI SPESIAL - Hallo sahabat Dapur Nusantara, hari ini kita akan bealajar memasak RESEP AYAM BUMBU BALI ASLI SPESIAL . Baiklah, sebelum memasak tentunya kita harus mengetahui resep makanan yang akan kita masak. Berikut resep yang akan kita jadikan panduan memasak kita hari ini.

Menu : RESEP AYAM BUMBU BALI ASLI SPESIAL

lihat juga


RESEP AYAM BUMBU BALI ASLI SPESIAL

Apakah anda tahu dengan masakan ayam bumbu bali ? tentunya bagi masyarakat luas salah satu masakan nusantara yang enak ini sudah tak asing lagi di lidah . masakan nusantara yang berbahan dasar ayam ini memang sangat enak . dimasak dengan rempah-rempah alami sehingga menciptakan wangi yang khas dan sangat baik bagi tubuh .

AYAM BUMBU BALI
AYAM BUMBU BALI


Tentunya banyak cara dalam megggolah ayam , ayam bisa di masak dengan digoreng , di buat fried chiken , ayam cah jamur , ayam mentega dan berbagai masakan rumahan lainnya . masakan yang terbuat dari ayam memang tak akan pernah ada bosan nya kita nikmati . karena sangat enak dan sangat nikmat sebagai teman nasi . untuk menghadirkan masakan yang terbuat dari ayam pun cukup ekonomis .

Tidak seperti pada saat kita membeli lauk lainnya , seperti daging sapi , cumi-cumi , udang dan lainnya yang memiliki harga lebih mahal dari pada ayam . saya yakin tidak ada atau jarang yang alergi akan masakan yang terbuat dari ayam . terbukti saya tidak pernah mendengar kasus alergi yang datang setelah memakan masakan yang terbuat dari ayam . tidak seperti cumi-cumi , udang dan masakan seafood lainnya . yang sering dihindari oleh orang yang mempunyai alergi seafood .

Dalam mendapatkan ayam juga sangat mudah , anda dapat membeli di pedagang ayam potong di pasar tradisional didekat rumah anda atau di tempat belanja lainnya seperti swalayan . disana terdapat ayam-ayam segar yang siap anda olah sebagai masakan anda dirumah . tetapi anda harus tetap hati-hati dalam memilih ayam . anda harus dapat membedakan antara ayam yang segar dan ayam yang tidak segar seperti tiren . karena sekarang banyak pedagang ayam potong yang curang , yang kadang mencampur ayam segar dengan ayam tiren .

Nah untuk anda yang ingin membuat ayam bumbu bali tapi tidak tahu caranya . anda benar banget membuka resep ini . karena dalam resep ini saya akan berbagi dari bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuat ayam bumbu bali dengan tepat . untuk lebih jelsnya silahkan lihat bahan-bahan dan cara membuatnya dibawah ini .


Resep Membuat Ayam Bumbu Bali Asli Spesial

RESEP AYAM BUMBU BALI
RESEP AYAM BUMBU BALI


Bahan-bahan Ayam Bumbu Bali Enak :

  • Ayam potong satu ekor dipotong menjadi 12 bagian
  • Air jeruk nipis 1 sendok makan 
  • Garam 1 sendok teh 
  • Daun salam 2 lembar
  • Daun jeruk purut 2 lembar
  • Lengkuas 1 cm memarkan 
  • Tomat 2 buah (di potong kecil)
  • Kecap manis 2 sendok makan 

Bumbu Halus Ayam Bumbu Bali Enak :

  • Bawang merah 8 buah
  • Bawang putih 4 buah
  • Jahe 2 cm
  • Cabai merah 10 buah 
  • Kaldu blok 1 buah
  • Garam 1 sendok teh
  • Kemiri 3 butir utuh sangrai 


AYAM BETUTU KHAS BALI
AYAM BETUTU KHAS BALI


Cara Membuat Ayam Bumbu Bali Enak :

  1. Bersihkan ayam terlebih dahulu lalu lumuri dengan jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan bau amis pada ayam . Diamkan kurang lebih selama 15 menit kemudian goreng hingga matang dan sisihkan .
  2. Kemudian tumis bumbu halus hingga wangi , lalu masukan lengkuas , daun jeruk purut , kecap manis , salam dan tomat aduk-aduk hingga rata .
  3. Setelah itu masukan ayam goreng , aduk hingga rata lalu beri sedikit air . masak hingga bumbu meresap ke ayam . 
  4. Angkat dan letakan ayam goreng bumbu bali yang enak dipiring saji .
Dan hasilnya makyusssssssss banget deh , cara membuatnya juga sangat mudah dan sangat praktis . ayam bumbu bali cocok banget untuk disajikan di meja makan rumah anda . dalam menikmati masakan ayam bumbu bali sangat enak jika di tambahin lalapan seperti timun , kol dan kemangi agar rasanya lebih makyusssss . saya yakin keluarga anda sangat menyukai masakan ayam bumbu bali ini .

Apa lagi dibuat sendiri dirumah , yang memakai resep kasih sayang jadi hasilnya pun bakal super enak deh . yaa itung-itung buat jampi-jampi sang suami dan keluarga anda dirumah biar tambah disayang.

NB : Bila ayam dipanggang , letakan ayam ke dalam panggangan lalu siram dengan bumbu hingga wangi lalu angkat . 


Demikianlah Artikel RESEP AYAM BUMBU BALI ASLI SPESIAL

Semoga artikel tentang RESEP AYAM BUMBU BALI ASLI SPESIAL ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Anda sedang membaca artikel RESEP AYAM BUMBU BALI ASLI SPESIAL dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepkhasdapurnusantara.blogspot.com/2018/10/resep-ayam-bumbu-bali-asli-spesial.html. Semoga artikel ini bisa menjadi alternatif variasi menu hidangan keluarga tercinta anda.